Senin, 22 Mei 2017

KONFIGURASI WIRELLES ACCESS POINT TP-LINK

 Cara Setting Wirelles Access Point TP-LINK


1. PENGERTIAN.

          Access point adalah adalah perangkat, seperti router nirkabel / wireless, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan. Pada access point terdapat router built-in, sementara yang lain harus terhubung ke router untuk menyediakan akses jaringan. Dalam kedua kasus, access point biasanya didesain untuk perangkat lain, seperti jaringan switch atau modem broadband.


         Access point bisa ditemukan di berbagai tempat, termasuk rumah, bisnis, dan lokasi publik. Pada kebanyakan rumah, access point adalah router nirkabel, yang terhubung ke DSL atau modem kabel . Namun, beberapa modem mungkin termasuk kemampuan nirkabel, membuat modem itu sendiri sebagai access point. Perusahaan besar sering memberikan beberapa access point, yang memungkinkan karyawan untuk secara nirkabel (tanpa kabel) terhubung ke pusat jaringan dari berbagai lokasi.


         Access point publik dapat ditemukan di toko-toko, kafe, restoran, perpustakaan, dan lokasi lainnya. Beberapa kota menyediakan poin akses publik dalam bentuk pemancar nirkabel yang terhubung ke lampu jalan, dan benda-benda umum lainnya.


2. FUNGSI.

        Fungsi Acces point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal semakin luas jangkauannya.

Pertama kita pasang Wirelless Access Point nya pada komputer, RESET dahulu untuk menghapus konfigurasi yang sudah ada, sambungkan kabel straight pada port LAN. 



kemudian kita lihat IP default ada control panel, network and internet, network and sharing center, kemudian klik DETAILS pada gambar dibawah ini, lalu muncul IP default nya ( 192.168.0.254) 

lalu kita ketikan IP nya pada browser internet seperti gambar dibawah ini 












Setelah itu akan muncul autentikasi yang harus diisi untuk masuk pada aplikasi TP LINK
















kemudian akan muncul tampilan dari TP LINK pada gambar dibawah ini















Klik NETWORK untuk mengatur IP nya sesuai dengan IP internet pastikan IP yang anda gunakan beda dengan yang lain tetapi masih satu network supaya tidak bentrok untuk masuk ke TP LINK nya karena tadi masuknya masih menggunakan IP default, kemudian klik SAVE












Tunggu proses restart selesai..















lalu kita setting IP pada komputer kita dengan IP yang disetting pada TP link tadi..

lalu kita ketikan IP yang telah dibuat pada TP LINK di windows browser untuk masuk pada TP LINK, lalu isikan autentikasi untuk masuk pada TP link

 
 lalu kita atur wirelles setting, 
operate mode : access point
SSID : isi terserah kalian
region : kita pilih negara dimana kita tinggal ( indonesia )
setelah semua kita setting dengan benar lalu kita klikSAVE
     
     
     
     
     
     


    lalu kita setting wirelless security untuk kita akan memberi keamanan atau password pada wireless, klik tab wireless security lalu pada pilihan WPA/WPA2 PERSONAL terdapat password default wireless tplink kemudian ganti password tersebut dengan password yang baru, saran saya buat password yang tidak mudah di tebak orang. kemudian arahkan ke bawah scroll bar lalu klik save untuk menyimpan hasil settingan
     
     
     






kemudia kita setting DHCP nya
pilih ENABLE pada DHCP SERVER
lalu kita berikan IP yang bisa digunakan untuk Client antara berapa-berapa
lalu klik save
kemudian akan muncul CLICK HERE untuk memulai REBOOT

 lalu klik reboot untuk memulainya


 tunggu sampai prosesnya selesai

setelah prosesnya selesai, colokan kabel LAN dari ISP/INTERNET ke port WAN Router Wirellesnya. lalu konekkan komuter/laptop kalian melalui jaringan wirelles yang disetting tadi. 
Karena settingan Wan menggunakan IP static maka kita setting IPnya diClient sesuai yang diberikan internet.

SELAMAT MENCOBA..




0 komentar:

Posting Komentar