Jumat, 02 Juni 2017

Membatasi (Limit) Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue Mikrotik

CARA MEMBATASI BANDWIDTH MIKROTIK DENGAN SIMPLE QUEUE MIKROTIK

Pada Router Mikrotik sendiri sudah tersedia fitur yang bisa membatasi (limit) bandwidth yaitu Queue. Ada dua macam Queue pada Mikrotik :
1. Queue Simple : Merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.
2. Queue Tree : Mirip seperti queue simple tapi lebih rumit, yaitu dapat melakukan pembatasan bandwidth berdasarkan group bahkan secara hierarki. Kita harus mengaktifkan fitur Mangle pada Firewall jika ingin menggunakan Queue Tree.
Pada kali ini saya akan membuat tutorial Queue Simple

Langkah-langkah limit bandwidth pada mikrotik dengan simple QUEUE
Pertama-tama, kita login terlebih dahulu pada WINBOX,
Berikut ini adalah tampilan dari mikrotik di winbox, setelah itu klik menu QUEUES 
Setelah masuk pada QUEUES lalu klik tanda (+/tambah) untuk mensetting bandwidthnya
Lalu kita setting pada New Simple Queue, 
disini saya hanya akan mensetting Tab General
NAME : isi dengan nama user/komputer.
TARGET : isi IP Address Client/IP tujuan yang ingin anda batasi Bandwidth, jika tidak diisi berarti konfigurasi limit bandwidth ini berlaku untuk semua alamat IP. 
MAX LIMIT Max Limit adalah alokasi bandwidth maksimal yang bisa didapatkan user, dan biasanya akan didapatkan user jika ada alokasi bandwidth yang tidak digunakan lagi oleh user lain. 
Jangan lupa centang Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan fitur ini, pilih besar Bandwidth yang ingin dilimit pada Max Limit. Misalnya upload : 256kbps download : 1Mbps Besar limit Bandwidth untuk upload lebih rendah daripada download nya karena memang user biasanya lebih banyak melakukan download (browsing, download musik, file, dll) daripada upload. 
Anda dapat memilih sesuai keinginan.Anda juga dapat menentukan waktu kapan dan berapa lama Simple Queue ini akan mulai berjalan dengan memilih opsi Time.
Jika kofigurasi sudah selesai akan muncul hasil konfigurasi limit bandwidth pada QUEUE LIST dibawah ini;
Sekarang kita coba pada Speedtest








2 komentar: